Bantuan Biaya Penerbitan Paper Untuk Jurnal

Latar Belakang

Salah satu tujuan dalam pelaksanaan penelitian adalah mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk jurnal pada suatu penerbit/publisher. Segala jenis dukungan untuk menghasilkan publikasi ilmiah terus dilakukan, termasuk membantu pembiayaan penerbitan jurnal, baik jurnal tingkat nasional maupun internasional.

Dengan bantuan pembiayaan penerbitan jurnal diharapkan memacu para peneliti untuk terus menulis karya ilmiah terutama pada jurnal internasional bereputasi.

 

Bentuk Kegiatan

Bantuan pembiayaan untuk keperluan penerbitan jurnal yang telah diterima oleh penerbit/publisher yang terpercaya.

 

Persyaratan Kegiatan

Peneliti yang diperbolehkan mengajukan usulan biaya penerbitan jurnal adalah peneliti yang tidak mendapatkan dana penelitian pada tahun berjalan atau peneliti yang telah menggunakan dana penerbitan jurnal sebagai luaran utama dari penelitian yang sedang dilakukan.

Peneliti yang boleh mengusulkan adalah peneliti yang status jurnalnya telah diterima, dengan mengisi formulir dan melampirkan salinan surat “acceptance letter” dari penerbit yang terpercaya.

Setiap peneliti dapat mengajukan usulan maksimum dua kali dalam satu tahun, kondisi ketersediaan dana di P3M akan menjadi pertimbangan bagi yang mengusulkan lebih dari satu kali setahun.

Jenis pembiayaan jurnal yang dibiayai adalah Jurnal Nasional atau Jurnal Internasional yang diterbitkan oleh institusi yang terekognisi.

 

Pembiayaan Kegiatan

Sumber dana berasal dari dana PNBP PENS.

Biaya bantuan adalah sesuai biaya yang diperlukan (at cost) dengan batasan maksimum Rp.2.000.000/ judul untuk jurnal Nasional terakreditasi; Rp. 3.000.000/judul untuk jurnal Internasional dan RP. 6.000.000/judul untuk jurnal Internasional bereputasi.

 

Pelaksanaan Kegiatan

Peneliti mengajukan usulan dengan mengisi form.

Usulan pembiayaan dilakukan sepanjang tahun anggaran 2019, dan penerbitan jurnal dilakukan pada tahun anggaran 2019.

P3M akan melakukan evaluasi untuk menetapkan usulan yang diterima.

Setelah pelaksanaan pembayaran bantuan penerbitan jurnal, peneliti wajib memberikan bukti pembayaran asli, dan hal ini merupakan syarat wajib bagi penerima bantuan.

Peneliti yang tidak bisa menyerahkan bukti pembayaran maka akan diminta mengembalikan dana yang telah diterima.

 

Evaluasi dan Monitoring Luaran Kegiatan

Setiap peneliti yang telah menerima bantuan biaya penerbitan diwajibkan mengisi form yang telah disediakan secara online dengan melampirkan/upload paper yang telah diterbitkan serta bukti kuitansi pembayaran.

Bagi peneliti yang tidak melengkapi dokumen evaluasi tersebut, akan menjadi pertimbangan untuk penetapan penerimaan bantuan selanjutnya.