Bantuan Biaya Pendaftaran Seminar

Salah satu bentuk keluaran riset adalah paper yang didesiminasikan pada forum seminar ilmiah, upaya agar paper yang telah ditulis bisa diterima memerlukan kerja keras yang perlu mendapat perhatian. Apabila publikasi paper ini merupakan bagian dari luaran penelitian yang sedang dikerjakan maka biaya pendaftaran tidak menjadi permasalahan, namun jika dana konferensi dimana termasuk biaya pendaftarannya telah digunakan, maka akan timbul sedikit masalah, yakni perlu biaya registrasi untuk paper yang telah diterima dan bukan menjadi luaran utama dari penelitian yang sedang dikerjakan, atau bagi peneliti yang tidak mendapatkan dana penelitian.

Pada kondisi seperti itu keberpihakan Institusi sangat diperlukan, yakni dalam bentuk pembiayaan biaya registrasi paper sebagai syarat untuk bisa mengikuti seminar, maka program bantuan biaya pendaftara seminar sebagai salah satu strategi peningkatan jumlah publikasi diprogramkan.

Memberikan bantuan pembiayaan untuk pendaftaran seminar bagi peneliti yang tidak mempunyai kegiatan penelitian pada tahun berjalan atau peneliti yang telah menggunakan dana seminar sebagai keluaran utama dari kegiatan penelitiannya.

Peneliti yang diperbolehkan mengajukan usulan biaya registrasi seminar adalah peneliti yang tidak mendapatkan dana penelitian pada tahun berjalan atau peneliti yang telah menggunakan dana seminar sebagai luaran utama dari penelitian yang sedang dilakukan.

Peneliti yang boleh mengusulkan adalah peneliti yang status papernya telah diterima, dengan mengisi formulir dan melampirkan salinan surat “acceptance letter” dari panitia penyelenggara serta jadwal paparan yang diterbitkan oleh penyelenggara.

Setiap peneliti dapat mengajukan usulan maksimum dua kali dalam satu tahun, kondisi ketersediaan dana di P3M akan menjadi pertimbangan bagi yang mengusulkan lebih dari satu kali setahun.

Jenis seminar yang dibiayai adalah seminar Nasional atau seminar Internasional yang dilaksanakan oleh institusi yang terekognisi.

Biaya bantuan adalah sesuai biaya yang diperlukan (at cost) dengan batasan maksimum Rp.1.000.000/judul paper seminar Nasional; Rp. 3.000.000/judul paper seminar Internasional dan Rp. 6.000.000/judul paper seminar Internasional bereputasi

Peneliti mengajukan usulan dengan mengisi form.

Usulan pembiayaan dilakukan sepanjang tahun anggaran 2018, dan pelaksanaan seminar dilakukan pada tahun anggaran 2018.

P3M akan melakukan evaluasi untuk menetapkan usulan yang diterima.

Setelah pelaksanaan pembayaran registrasi seminar, peneliti wajib memberikan bukti pembayaran asli, dan hal ini merupakan syarat wajib bagi penerima bantuan.

Peneliti yang tidak bisa menyerahkan bukti pembayaran maka akan diminta mengembalikan dana yang telah diterima.

Setiap peneliti yang telah menerima bantuan diwajibkan mengisi form yang telah disediakan secara online dengan melampirkan/upload paper yang telah dipresentasikan, sertifikat telah mengikuti seminar serta bukti kuitansi pembayaran.

Bagi peneliti yang tidak melengkapi dokumen evaluasi tersebut, akan menjadi pertimbangan untuk penetapan penerimaan bantuan selanjutnya.