Penelitian Lokal

Penelitian Lokal merupakan bentuk dukungan dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam hal pendanaan kegiatan penelitian melalui DIPA PENS. Dengan adanya Program Penelitian Lokal diharapkan bisa meningkatkan angka partisipasi dosen PENS dalam kegiatan penelitian sehingga kemampuannya bisa semakin ditingkatkan dan pada akhirnya nanti bisa bersaing dalam kegiatan penelitian nasional maupun internasional. Adapun tujuan dari Program Penelitian Lokal ini adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan partisipasi dosen PENS dalam kegiatan penelitian yang bermutu.
  2. Meningkatkan percepatan pencapaian target dari Penelitian Unggulan PENS yang tertuang dalam Rencana Induk Penelitian PENS
  3. Meningkatkan kemampuan dan daya saing dosen PENS di bidang penelitian pada tingkat nasional dan

Dalam pelaksanaan Program Penelitian Lokal ini, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) PENS membagi kegiatan penelitian menjadi tiga skim, yaitu:

Penelitian Lokal Tingkat 1

Skim Penelitian Lokal Tingkat 1 merupakan skim penelitian yang ditujukan bagi dosen muda atau yang masih belum berpengalaman dalam hal kegiatan penelitian baik secara lokal maupun nasional. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi peneliti baru agar bisa berpartisipasi  secara aktif dalam kegiatan penelitian sehingga nantinya bisa naik ke tingkat yang lebih tinggi dan pada akhirnya bisa bersaing dalam kegiatan penelitian baik secara nasional.

Penelitian Lokal Tingkat 2

Skim Penelitian Lokal Tingkat 2 merupakan skim penelitian yang ditujukan bagi dosen peneliti yang belum berpangalaman dalam hal kegiatan penelitian nasional. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi peneliti supaya bisa meningkatkan kemampuannya sehingga pada akhirnya bisa bersaing dalam kegiatan penelitian baik secara nasional maupun internasional.

Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan/ Pranata Komputer/Pustakawan

Skim penelitian PLP/Prakom/Pustakawan merupakan penelitian yang ditujukan bagi para Pranata Laboratorium Pendidikan, Pranata Komputer dan pustakawan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing mengikuti perundang-undangan yang berlaku.

Penelitian Mandiri

Merupakan penelitian yang dilakukan oleh Dosen/Pranata Komputer/Pranata Laboratorium Pendidikan/Pustakawan yang merupakan civitas akademika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan menggunakan dana mandiri sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing mengikuti perundang-undangan yang berlaku.