Pengabdian Masyarakat Lokal PENS

Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan dua butir isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi seperti yang telah disebutkan di dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 20. Di sini dengan tegas disebutkan bahwa perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan. Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu, sesuai dengan isi dari Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi, disebutkan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu dosen diharapkan juga dapat mendesiminasikan hasil penelitian dan pada akhirnya menghasilkan berbagai proses dan produk teknologi yang berujung antara lain pada Hak Kekayaan Intelektual dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa serta dapat memberikan manfaat yang maksimal kepada masyarakat.

Oleh karena petingnya tugas tersebut , maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah diatur standarnya baik dalam hal hasil, isi, proses, pelaksana, sarana prasarana, pengelolaan serta pembiayaanya melalui Permendikbud No. 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka keseluruhan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus dilakukan secara profesional dengan prinsip-prinsip akuntabel, transparan, dan mengacu kepada sistem penjaminan mutu pelaksanaan program.

TUJUAN PROGRAM

Selain untuk memenuhi kewajiban seperti yang tercantum pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mempunyai tujuan antara lain untuk:

  1. Menerapkan Ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna yang di kembangkan di kampus bagi kemanfaatan pada kehidupan, kesejahteraan umum, peningkatan kecerdasan kehidupan masyarakat.
  2. Bentuk desiminasi hasil-hasil penelitian supaya bermanfaat secara nyata bagi masyarakat
  3. Memupuk rasa solidarisme dan kepekaan sosial dari dunia akademis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat
  4. Pemberdayaan sumberdaya/potensi masyarakat dengan pemberian sentuhan teknologi.

Adapun yang dimaksud dengan masyarakat pada poin di atas meliputi instansi pemerintah, masyarakat di dunia usaha, masyarakat di dunia industri, serta masyarakat secara umum.

PROGRAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERBASIS KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Skim ini mempunyai tujuan untuk memberdayakan kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang keilmuan pada program studi untuk bisa dimanfaatkan sebesar- besarnya bagi kepentingan masyarakat.

 

Open chat